Sosok Rasulullah

Sesungguhnya dalam diri Rasulullah terdapat suri teladan yang baik… (QS. Al-Ahzab: 21)

Pengertian Rasul serta Risalah

  • Rasul adalah  lelaki pilihan dan yang diutus oleh Allah dengan  risalah kepada manusia. Rasul merupakan yang terbaik diantara manusia lainnya sehingga apa yang dibawa, dikatakan dan dilakukan adalah sesutu yang terpilih dan mulia dibandingkan dengan manusia lain.
  • Risalah adalah sesuatu yang diwahyukan Allah SWT berupa prinsip hidup, moral, ibadah, aqidah  untuk mengatur kehidupan manusia agar terwujud kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Ciri-ciri Rasul:
a. Laki-laki yang berasal dari manusia, (QS. Al-Kahfi: 110)
b. Ma’sum terjaga dari kesalahan, (QS. An-Najm : 2-5)
c. Menjadi suri teladan, (QS. Al-Ahzab : 21)
d. Memiliki akhlaq yang mulia; shidiq, tabligh, amanah dan fathonah. (QS. Al-Qalam: 4)
e. Memiliki mu’jizat, (QS. Al-Qomar : 2-3)
f. Tersampaikan berita tentang kedatangannya, (QS. Ash-Shaff : 6)
g. Hasil perbuatan seperti kader (sahabat), lingkungan dan tatanan kehidupan dan peradaban Islami, (QS. Al-Fath: 29)

Mengenal rasul merupakan sebuah bahasan yang sangat penting dalam pembinaan keagamaan seorang muslim. Dalam kalimat syahadat kesaksiannya yang pertama yang dilakukan seorang adalah keyakinan bahwa Allah itu Esa dan yang kedua adalah keimanan terhadap kerasulan Muhammad SAW.Mengenal rasul menjadi sebuah keperluan yang asasi bagi kaum muslimin masa kini karena mereka tidak hidup bersama dengan nabi, mereka harus beriman kepada kerasulan Muhammad SAW dengan keimanan yang sebenar-benarnya. Inilah sebuah upaya untuk menghayati makna syahadatain.

Profil Rasulullah menurut Syaikh DR. Ramadhan Al-Buthi, yaitu beliau adalah orang yang paling dermawan, apalagi di bulan Ramadhan; Orang yang paling baik dan bagus sosok tubuhnya; Orang yang paling lembut telapak tangannya dan paling harum bau tubuhnya; Orang yang paling baik pergaulannya dan paling takut kepada Allah SWT; Tidak pernah marah atau dendam. Beliau hanya pernah marah ketika ayat-ayat Allah dilanggar; Akhlaknya adalah Al-Qur’an; Beliau adalah orang yang paling tawadhu; Orang yang paling pemalu; Beliau menyukai manisan, madu, dan buah labu; Beliau biasa mengesol sepatunya sendiri, menjahit pakaian, membesuk orang sakit, dan memenuhi undangan orang kaya maupun miskin; Tidak banyak memiliki kesenangan dunia. Tempat tidurnya terbuat dari kulit yang diisi dengan serabut pelepah kurma; Banyak melakukan dzikir dan pikir; Tidak pernah tertawa lebar, melainkan hanya tersenyum; Pernah bergurau dan tidak mengatakan sesuatu kecuali yang benar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: