Karakter Bangsa yang Memudar

Dewasa ini, sebagai generasi penerus bangsa kita telah menyadari memudarnya karakter negara kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tak jarang kita hanya merasa cukup mengetahui tanpa harus berpikir lebih untuk mencegah hal tersebut berlanjut.

Memudarnya karakter bangsa kita karena mulai tergerus dengan budaya luar, terutama budaya barat. Tanpa disadari banyak rakyat Indonesia merasa malu akan budaya yang dimiliki, sehingga kita berusaha tampak modern dengan mengambil seutuhnya budaya barat yang benar – benar bukan secara penuh mencerminkan karakter bangsa ini.

Memudarnya karakter bangsa secara tidak langsung juga dipicu oleh maraknya program media yang lebih banyak menyisipkan budaya barat daripada budaya Indonesia sendiri. Generasi muda pun yang menyukai hal tersebut dan lebih konsumtif seakan terlena dengan penyajian itu.

Bangsa Indonesia yang cukup terkenal mempunyai rasa toleransi yang tinggi seakan kehilangan rasa tersebut, kehilangan rasa toleransi terhadap bangsa sendiri. Masalah ini dapat kita lihat dari tak acuhnya untuk melestarikan budaya sendiri. Bila kita telusuri banyak warga asing yang justru peduli dan ingin mempelajari keanekaragaman budaya kita. Dalam hal ini seharusnya kita patut malu mengakuinya.

Setiap bangsa memang mempunyai jati diri masing-masing, keanekaragaman budaya pun seharusnya tidak menjadi alasan kita untuk tidak dapat menguatkan jati diri kita sebagai bangsa yang berkarakter utuh. Kita pun harus yakin bahwa Bhinneka Tunggal Ika akan tetap menjadi semboyan bangsa dan tetap menjadi semangat mempertegas jati diri bangsa yang mempunyai karakter. Sebagai penerus bangsa sudah seharusnya kita mempunyai keyakinan tersebut, karena karakter dan jati diri bangsa merupakan ciri khas bangsa itu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: