Peran Mahasiswa

Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang akan menentukan ke arah mana bangsa ini akan berkembang. Mahasiswa dapat menjadi tombak terciptanya sejarah dalam suatu bangsa. Contoh real ketika tahun 60-an, mahasiswa mengusulkan tiga tuntutan rakyat yang lebih kita kenal dengan Tritura. Adapula kepemerintahan yang tidak wajar atau dapat dikatakan sewenang-wenang pun dapat diruntuhkan oleh aksi–aksi mahasiswa. Dalam hal ini mahasiswa dapat berperan sebagai pihak penyampai kebenaran dan keadilan.

Namun demikian dalam masa ini, mahasiswa harus menyadari bahwa mereka dapat memberikan keteladanan, yang tentunya sebagai kaum terpelajar. Di mana keadaan harus menghapus pandangan masyarakat yang berpikir bahwa mahasiswa hanya dapat berdemo dengan selalu merusak sarana dan prasarana umum. Mahasiswa harus menumbuhkan kembali rasa solidaritas sosial, solidaritas yang tidak berpusat pada kelompok namun bernaung dalam universal. Tidak patutlah seorang mahasiswa hanya mementingkan kepentingan pribadi tanpa ikut serta memberikan sumbangsih terhadap bangsa dan negaranya.

Disaat mahasiswa kembali pada rakyat, membela aspirasi–aspirasi rakyat, mahasiswa juga tidak boleh terlena dengan hal itu. Mahasiswa harus tetap menjaga kuliahnya. Tentunya untuk mengukir masa depan dengan tetap membawa harum nama bangsa ini. Karena jika dapat mewujudkan hal itu, Indonesia dapat lebih dikenal sebagai bangsa yang cerdas.

Mahasiswa tentunya mempunyai tempat tersendiri di hati masyarakat. Mahasiswa diharapkan menjadi bagian perubahan yang  membawa bangsa ini menjadi lebih baik, makmur, bermatabat, dan dipandang oleh bangsa lain. Mahasiswa dapat menjadi barisan terdepan untuk mengawal melakukan perubahan–perubahan yang tentunya sudah menjadi impian rakyat Indonesia. Mahasiswa dapat dirumuskan berperan penting untuk peradaban Bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: