Pengertian dan Karakteristik Akuntansi Pemerintahan

Pengertian dan Fungsi Akuntansi

  • Dari segi proses, akuntansi adalah keterampilan alam mencatat, menggolongkan, dan meringkas transaksi keuangan lembaga atau perusahaan, serta melaporkan hasilnya dalam laporan keuangan.
  • Dari segi fungsi, akuntansi adalah kegitan jasa yang berfungsi menyajikan informasi kuantitatif yang bersifat keuangan, dari suatu lembaga atau perusahaan yang dapat digunakan sebagai dasar mengambil keputusan ekonomi di antara berbagai alternatif tindakan.
  • Fungsi akuntansi pada dasarnya adalah untuk membantu manusia dengan informasi keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan, yaitu dalam menggunakan benda-benda ekonomi yang langka dan yang memilki alternatif penggunaan.

Bidang-Bidang Akuntansi

1. Akuntansi Perusahaan (akuntansi komersial), merupakan bidang akuntansi yang berkaitan dengan perusahaan yang bertujuan mencari laba. Melalui proses akuntansi perusahaan, diharapkan dapat dihasilkan informasi keuangan yang mencerminkan posisi keuangan serta perkembangan usaha perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

>Akuntansi keuangan, bagian akuntansi perusahaan yang bertujuan menghasilkan informasi keuangan bagi para pemilik perusahaan. Tersaji dalam bentuk: Neraca, laporan laba rugi, dan laporan perubahan modal.

>Akuntansi manajeman, bagian akuntansi perusahaan yang bertujuan menghasilkan informasi keuangan bagi para pengelola perusahaan. Laporan yang dihasilkan tergantung pada kebutuhan masing-masing pengelola perusahaan tersebut.

2. Akuntansi Nasional (akuntansi makro), bidang akuntansi khusus diterapkan pada lembaga, yang bertugas melayani perekonomian nasional. Unsur-unsur yang tercakup: rekening pendapatan dan produksi nasional, rekening antar industri, rekening arus dana, rekening neraca pembayara, dan rekening neraca nasional.

3. Akuntansi Pemerintah, bidang akuntansi yang berkaitan dengan lembaga pemerintahan dan lembaga yang tidak betujuan mencari laba. Fungsi akuntansi pemerintahan lebih ditekankan pada pencatatan pelaksanaan anggaran negara serta pelaporan realisasinya. Akuntansi pemerintahan juga disebut dengan akuntansi anggaran.

Faktor yang Mempengaruhi Bentuk Akuntansi Pemerintahan

  •  Sifat Lembaga Pemerintahan ( Edward S. Lyn: 1974) :

>Keinginan mengejar laba tidak inklusif;

>Tidak dimiliki secar pribadi tetpai secara kolektif oleh seluruh warga negara dan kepemilikan tidak dibuktikn oleh adanya kepemilikan saham terhadap lembaga tersebut;

>Sumbangan masyarakat terhadapa pemerintah (pajak) tidak ada hubungannya langsung dengan jasa yang diterima masyarkat dari pemerintah.

  • Sistem Pemerintahan Suatu Negara. Bentuk akuntansi pemerintahan berbeda dari suatu negara dengan negara lain, hal ini sangat berkaitan dengan sistem pemerintahan masing-masing negara. Contohnya, sistem pemerintahan AS bersifat federasi (adanya negara-negara bagian yang bersifat otonom) menyebabkan timbulnya sifat desentralisasi dalam sistem akuntansi pemerintahan AS, sedangkan sistem pemerintahan Indonesia bersifat kesatuan sehingga timbulnya sifat sentralisasi dalam sistem akuntansi pemerintahan Indonesia.
  • Mekanisme Pengurusan Keuangan dan Sistem Anggaran Negara. Anggaran negara adalah unsur dari keuangan negara, maka akuntansi pemerintahan sebenarnya adalah penerapan akuntansi dalam pengelolaan keuangan negara. Praktis penyelenggaraan akuntansi pemerintahan tidak dapat dipisahkan dari mekanisme pengurusan keuangan dan sistem anggaran suatu negara.

Karakteristik Akuntansi Pemerintahan

  • Tidak melakukan pencatatan laba negara karena keinginan mengejar laba tidak inklusif.
  • Tidak melakukan pencatatan kepemilikan pribadi.
  • Betuk akuntansi pemerintahan berbeda antara suatu negara.
  • Penyelenggaraan akuntansi pemerintahan akuntansi pemerintaha tidak bisa dipisahkan dari mekanisme pengurusan keuangan dan sistem anggaran tiap-tiap negara.
Daftar Pustaka:
Baswir, Revrisond. 2000. Akuntansi Pemerintahan Indonesia. Edisi 3. Yogyakarta: BPFE.

3 Comments (+add yours?)

  1. Trackback: Akuntansi Pemerintahan | ameliapujiastuti
  2. Trackback: Akuntansi Pemerintahan | ameliapujiastuti
  3. Trackback: AKUNTANSI PEMERINTAHAN | inainayahf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: